Kesehatan pada Ayam Petarung adalah hal terpenting dalam permainan sabung ayam, di mana Ayam Petarung anda akan sangat berkualitas jika memiliki kesehatan dan fisik yang kuat. Untuk bisa menjadikan Ayam Petarung anda menjadi berkualitas, bukanlah hal yang mudah. Karena perawatan dan asupan makanannya harus diberikan rutin dari mulai Ayam Petarung anakan. http://www.sateayam.org/

Kesehatan Ayam Petarung pastinya akan menjadi salah satu faktor penting yang nantinya akan membuat Ayam Petarung memiliki kualitas bertarung di Arena. Namun, untuk menjaga agar Ayam Petarung anda tidak terjangkit penyakit pada musim pancaroba seperti penyakit pilek yang disebut sebagai penyakit Snot atau Coryza ini disebabkan oleh infeksi bakteri haemophillus galanarum pada saluran pernapasan Ayam Petarung.

Mengingat bahwa tingginya angka kematian para Ayam Petarung karena penyakit ini hingga mencapai 30%, ada beberapa pemahaman mengenai teknik pengobatan dan perawatan ayam yang sakit pilek mutlak yang harus kita miliki sebagai penghobi Sabung Ayam. Karena pemahaman tersebut pasti akan membantu kita dalam mengantisipasi jika Ayam Petarung kita mengalami penyakit pilek tersebut.

Sebelum memberikan obat pilek kepada Ayam Petarung kita, wajiblah kita untuk mengetahui terlebih dahulu gejala - gejala yang timbul dari Ayam Petarung kita saat terserang penyakit pilek atau snot ini. Karena itu para ahli sudah menemukan bagaimana cara untuk mengetahui gejala yang ditimbulkan saat seekor ayam mengalami penyakit pilek atau snot.

Adapun beberapa gejala yang akan ditimbulkan pada Ayam Petarung kita yang terserang penyakit pilek adalah sebagai berikut :
1. Mata dan hidung ayam akan mengeluarkan cairan kental berwarna kuning dan berbau khas.
2. Ayam akan terlihat mengantuk, sayapnya turun dan menggantung.
3. Adanya pembengkak di sekitar sinus infra orbita.
4. Ayam mengorok dan kesulitan dalam bernapas.

Jika Ayam Petarung anda sudah mengalami gejala - gejala seperti diatas, berarti Ayam petarung anda bisa diobati dengan obat pilek ayam tradisional herbal yang bisa dibuat sendiri atau menggunakan obat pilek khusus untuk ayam yang banyak diperjualbelikan di toko obat. Namun, sebelum memberikan obat kepada Ayam Petarung yang terjangkit penyakit pilek ini, Ayam tersebut terlebih dahulu harus di karantina dan dipisahkan dari ayam - ayam yang sehat. Letakan ayam yang sakit di kandang yang berbeda agar penyakit pilek tidak menular kepada ayam - ayam lainnya yang masih dalam keadaan sehat.

Berikut Adalah 2 Jenis Obat Pilek Untuk Ayam Petarung Dalam Sabung Ayam Yaitu :

1. Obat Pilek Tradisional Untuk Ayam Petarung
Mengobati pilek pada Ayam Petarung dengan menggunakan bahan - bahan tradisional sangat banyak disarankan oleh para penggemar dan peternak sabung ayam. Di mana bahan dari obat tradisional ini bisa di buat sendiri dengan menggunakan bahan - bahan seperti kencur, dan gula batu. Proses pembuatannya, ada dua resep obat pilek Ayam Petarung.

Pertama, dibuat menggunakan 150 gr tepung beras, 100 gr kencur yang sudah ditumbuk halus, dan satu jempol jahe yang sudah di parut. Campurkan semua bahan tersebut hingga merata kemudian dibentuk menjadi pil dengan ukuran sebesar biji jagung, kemudian jemur pil herbal itu dan berikan dua kali sehari setiap pagi dan sore sebagai obat ayam pilek yang mujarab.

Kedua, resep obat ayam pilek selanjutnya dibuat dengan merubus 5 jari jahe dalam seliter air. Campurkan dengan 5 sendok makan gula merah kemudian didihkan selama 20 menit. Air sari jahe ini bisa dicampurkan dengan air minum ayam yang sedang pilek.

2. Obat Pilek Khusus Ayam Petarung (Kemasan)
Pengobatan untuk Ayam Petarung yang terkena penyakit pilek, bisa menggunakan obat khusus atau kemasan dengan memberikan preparat sulfat, misalnya dengan merek dagang sulfadimethoxine atau sulfathiazole. Selain itu, berikan juga antibiotik seperti imequil, ultramycin, atau corivit juga sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit penyakit pilek snot.

Anda pula bila kondisi pilek pada ayam terlihat sudah parah, anda bisa langsung memberikan suntikan  Sulfamix dosis rendah (0,4 cckg berat ayam) sebagai obat ayam pilek dengan efek yang paling mujarab. Efek samping dari pemberian obat ini bisa memberikan efek samping seperti ayam menjadi lemas beberapa hari.

Sekilas artikel kami yang membahas tentang 2 Jenis Obat Pilek Ampuh Untuk Ayam Petarung.  Semoga infomasi yang kami bagikan dalam artikel di atas dapat berguna untuk para sobat penggemar sabung ayam online . Sekian dan Terima kasih Atas perhatian para Sobat.

banner-bv21.jpg