Pakan ayam terbaik untuk adu ayam dan ternak adna harus diberikan dengan teratur. Karena dengan pemberian pakan yang bagus dan teratur maka perkembangan dari ternak anda juga akan menjadi baik. Pakan dengan kandungan nutrisi yang baik. http://www.sateayam.org/

Pakan dengan kandungan nutrisi yang baik akan membuat ayam ternak anda menjadi gemuk dan juga sehat. Terutama bagi anda pengusaha ternak ayam potong yang membutuhkan bobot ayam yang berat, maka perlu memberikan makanan yang banyak sehingga ayam anda menjadi gemik. Jika ayam ternak anda menjadi gemuk. maka nilai jual dari ayam tersebut juga akan naik.

Untuk mendapatkan yang terbaik, anda juga perlu memberikan yang terbaik untuk ternak anda. Ternyata ada banyak sekali jenis pakan ayam yang bermanfaat bagi perkembangan ayam ternak adna selain dari dedak dan pelet. Pakan ini dapat anda beli di toko dan juga dapat dibuat sendiri dengan bahan sederhana sehingga dapat mengurangi biaya produksi.

Menekan biaya sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih merupakan sebuah strategi dagang yang sangat bermanfaat. Berikut ini kami akan membahas apa saja pakan yang dapat diberikan kepada ternak anda dan sangat bermanfaat.

1. Dedak Padi
Dedak padi ini biasa disebut dengan sebutan bekatul. Bekatul tersebut dapat diperoleh dengan mudah jika anda tinggal dekat dengna tempat pengolahan padi. Ternyata bekatul ini memiliki nilai asam amino yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk membesarkan otot ternak. Pemberian bekatul sebaiknya dibatasi juga untuk anakan ayam karena bekatul ini mengandung serat kasar yang cukup sulit untuk dicerna oleh anakan ayam.

2. Pollard.
Pollard atau dedak gandum, dapat diperoleh jika tempat tinggal anda dekat dengan pengolahan gandum. Protein yang terkandung didalam pollard ini adalah sekitar 15%. Pemberian pollard juga sebaiknya dibatasi karena mengandung serat kasar yang dapat membuat ayam menjadi mencret.

3. Jagung.
Jagung merupakan pakan yang cukup digemari oleh para peternak karena jagung memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Jagung memiliki beberapa jenis diantaranya adalah jagung kuning, jagung merah dan jagung putih. Pakan jenis ini mengandung banyak sekali proVitamin A dan sedikit serat kasar.

4. Tepung Tulang.
Pakan jenis ini berasal dari tulang yang direbus kemudian dikeringkan dan ditumbuk hingga halus. Tepung tulang mengandung banyak sekali phosphor dan kalsium yang baik untuk pembentukan tulang dan sendi.

5. Singkong.
Kandungan yang terdapat pada singkong hampir sama dengan kandungan yang terdapat pada jagung. Singkong memiliki kandungan protein rendah hanya sekitar 2-3%. Penggunaan singkong sebagai ransum sebaiknya kurang dari 20% dari total ransum yang diberikan.

6. Sorgun.
Pakan jenis ini biasanya berada dibeberapa daerah tertentu saja dan panggilannya juga berbeda-beda, ada yang menyebutnya dengan nama cantel, cantrik dan batar tojeng. Kandung protein yang terdapat pada sorgum nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang terdapat pada jagung.

7. Tepung Ikan.
Berasal dari ikan yang sudah dikeringkan dan kemudian digiling menjadi halus. Kandungan yang terdapat pada pakan jenis ini bergantung dari jenis ikan yang digunakan.

8. Tepung Bulu Unggas.
Bahan ini memang cukup jarang ditemui dipasaran karena tingkat kesulitan dalam pengolahannya.  Pakan ini dibuat dengan cara merebus bulu ayam dengan suhu yang sangat tinggi kemudian dikeringkan lalu digiling hingga menjadi sangat halus. Kandungan yang terdapat pada pakan jenis ini sangatlah tinggi seitar 85%.

9. Tepung Keong Mas/siput.
Protein yang terdapat pada siput adalah sekitar 52%. Untuk membuat pakan jenis ini pembuatannya sangat mudah, berikan keong tersebut garam sampai mengeluarkan kotorannya kemudian pisahkan cangkang dan isi dari keong tersebut dan jemurlah hingga kering. Setelah kering barulah anda menggilingnya hingga menjadi halus.

10. Pelet.
Pakan jenis merupakan favorite dari peternak dan juga ternaknya sendiri karena penggunaan pelet dapat meningkatkan nafsu makan dari ayam ternak. Pelet merupakan jenis pakan yang paling mudah ditemukan dan paling irit biaya dibandingkan dengan tepung.